Beberapa
hari lalu saya sharing dengan teman saya yang membuka usaha warnet yang
dikhususkan untuk pengetikan dan pencetakan. Ia bertanya pada saya,
Mas..saya telah mencetak brosur cukup banyak dan menyuruh orang untuk
menyebarkannya tapi kok hasilnya belum maksimal?Padahal saya juga telah
mempraktekkan tulisan sampeyan di http://vkristiawan.blogspot.com/2011/06/jangan-buang-uang-anda-percuma-dengan.html
tapi kok belum kena juga?Apanya yang keliru ya?Pertanyaan2 ini pernah
saya alami dan mungkin rekan2 pernah alami juga dalam melakukan promosi
atau upaya meningkatkan penjualan suatu produk atau jasa.
Sebelumnya
mungkin perlu kita mengetahui arti kata ”promosi” yaitu suatu usaha
dari pemasar dalam menginformasikan dan mempengaruhi orang atau pihak
lain sehingga tertarik untuk melakukan transaksi atau pertukaran
produk barang atau jasa yang dipasarkannya. Sedangkan tujuan promosi
secara ringkas adalah meningkatkan cashflow perusahaan. Oleh karena itu
agar promosi yang dilakukan dapat efektif dan efisien maka ada lima hal
yang perlu diperhatikan sebelum melakukan kegiatan tersebut yaitu
1. WHO
Who
disini berarti siapa sih sebenarnya target market atas produk/jasa yg
kita tawarkan.Pemahaman atau penentuan siapa target market produk/jasa
yg dituju sangatlah penting karena menyangkut kebutuhan setiap target
market bisa berbeda. Dalam kasus usaha teman saya yaitu warnet yg
dikhususkan untuk menerima jasa pengetikan dan pencetakan dokumen disini
dapat diidentifkasi bahwa selama ini sebagai pengguna jasa/produknya
sebagian besar adalah mahasiswa dan karyawan. Kebutuhan seorang
mahasiswa akan jasa/produk yang akan digunakan tentunya berbeda dengan
seorang karyawan. Sebagian besar mahasiswa tentunya lebih berorientasi
harga/Price oriented (memilih harga jasa yang lebih murah)
daripada seorang karyawan. Karyawan dengan tingkat pendapatan lebih
tinggi dibanding mahasiswa cenderung lebih mengutamakan kualitas hasil
cetakan, kenyamanan dan kecepatan. Dengan mengetahui kebutuhan dari
setiap target market yg dituju akan berdampak pada pemilihan kata2, gambar dan bentuk tawaran yang diberikan.
2. WHERE
Setelah
mengetahui secara spesifik siapa target market sebenarnya akan
produk/jasa yang kita miliki maka kita dapat mengetahui dimana (where)
sebagian besar target market biasanya berada/berkumpul.Hal ini perlu
kita ketahui agar promosi yang dibuat lebih tepat sasaran atau langsung
mengenai pada target market yang dituju. Untuk usaha warnet teman saya
yang dilakukan adalah brosur untuk sasaran mahasiswa dibagikan di kampus
(perpustakaan, kantin) dan toko buku. Sedangkan untuk karyawan
dibagikan di perkantoran, minimarket dan memasang spanduk di jalan (ruas
jalan yang banyak/sering dilalui pada saat karyawan pulang pergi)
3. WHAT
What
berarti apa yang dapat diberikan oleh produk/jasa yang ditawarkan
sehingga menjadi solusi atas kebutuhan target market yang dituju.Semakin
solusi yang ditawarkan sama dengan kebutuhan target market yang dituju
maka akan banyak yang melakukan pembelian/transaksi.Misalnya dalam usaha
warnet, untuk sasaran mahasiswa diberikan
potongan/diskon biaya pada waktu2 tertentu (pagi dan siang hari),
pencetakan dalam jumlah banyak dan efisiensi pada tinta yang digunakan.
Sedangkan untuk karyawan diberikan kualitas tinta dan kertas yang bagus,
disediakan minuman gratis, kemudahan dalam pengiriman file dan jasa
antar hasil cetakan.
4. WHY
Why
disini menyangkut mengapa sasaran/target market memilih membeli dari
kita bukan dari pesaing?Nilai tambah apa yang dapat diberikan oleh
produk/jasa sehingga orang harus membeli/menggunakan di tempat kita.
Misalnya, pelayanan yang diberikan oleh karyawan penuh dengan suasana
kekeluargaan/akrab, tempatnya nyaman dan ada jaminan penggantian (tidak
perlu membayar apabila hasil cetakan tidak bagus/rusak).
5. HOW
How
disini menyangkut bagaimana cara kita mampu menginformasikan segala
kelebihan yang dimiliki oleh produk/jasa yang ditawarkan pada target
market yang dituju.Misalnya dengan secara rutin menyebar brosur, memasang papan reklame/neon box, spanduk, iklan melalui internet dsb.
Dengan mampu mengidentikasi lima hal yang utama seperti tersebut diatas
maka akan memudahkan kita melakukan setiap kegiatan promosi berjalan
secara efektif dan efisien. Selamat bertindak….dan terus melakukan kegiatan2 promosi yang kreatif…
Semoga bermanfaat …
Salam Sukses Selalu & Utamakan Berpikir Positif,
0 komentar:
Posting Komentar